Membaca adalah Jembatan Ilmu yang Menghubungkan Pengetahuan dengan Kehidupan Nyata

  • 14 Mei 2019
  • Dibaca: 116 Pengunjung
Membaca adalah Jembatan Ilmu yang Menghubungkan Pengetahuan dengan Kehidupan Nyata

Buku sebagai jembatan ilmu mengandung makna bahwa di dalam buku terdapat begitu banyak llmu yang mana pengetahuan tersebut bisa digunakan untuk meniti kehidupan nyata. Namun jika tidak berhati-hati dengan ilmu pengetahuan yang dibaca malah kita bisa terperosok jatuh, seperti saat terperosok dari jembatan.

Membaca adalah perilaku positif. Perilaku yang harus diawali dengan pembiasaan yang pada akhrinya akan mendarah daging dalam diri. Banyak orang pintar dan cerdas karena karena kebiasaannga sering membaca. Karena dengan membaca akan menambah wawasan kita, menambah cara pandang yang melihat segala sesuatu tidak dari satu sisi saja.

Mari kita contoh dari negara maju seperti Jepang. Kebiasan membaca masyarakat Jepang sudah menjadi budaya dan gaya hidup mereka. Di Jepang, membaca adalah sebuah kebutuhan bagi mereka dan salah satu negara dengan tingkat membaca tertinggi di dunia.

Menurut Yoshiko Shimbun, sebuah harian nasional Jepang terbitan Tokyo, kebiasaan membaca di Jepang diawali dari sekolah.
Para guru mewajibkan para siswa untuk membaca selama 10 menit sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah.Hal tersebut dilakukan mulai dari SD. Di Indonesia, sudah mulai meniru kebiasaan di Jepang tersebut dengan disediakannya waktu beberapa menit bagi siswa sekolah untuk membaca.

Perbekel Mengwi I Ketut Umbara,SH.,MH, mengatakan "Untuk menumbuhkan Kebiasaan membaca menurut saya harus dilakukan sedari usia dini. Dalam merealisasikannya harus ada dukungan dari segala pihak serta sinergi yang baik antara siswa orang tua dan sekolah. Pemerintah desa Mengwi juga turut mendukung membudayakan membaca masyarakat, salah satu hal yang dilakukan adalah dengan membentuk Perpustakaan Desa yang nyaman, sesuai kebutuhan dan mudah diakses".
Sebagian orang mungkin terkadang malas untuk membaca alasannya karena kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.

Berikut ini beberapa manfaat membaca buku yang kami ambil dari beberapa sumber yang bisa kita dapatkan selain mempercerdas otak. diantaranya:

1. Dapat Menstimulasi Mental

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang memrlukan latihan agar tetap kuat dan sehat seperti organ tubuh yang lainnya. Dengan membaca buku dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

2. Dapat Mengurangi Stress

Setelah seharian melakukan rutinitas harian yang melelahkan, tak jarang hal tersebut dapat memicu timbulnya stress. Dengan melakukan kegiatan membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membaca dapat membuat pikiran lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%.

Selain relaksasi, dengan membaca buku dapat membawa kedamaian batin serta ketenangan yang sangat besar. Membaca dapat menurunkan tekanan darah serta telah terbukti membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan. Inilah manfaat membaca buku yang banyak orang abaikan, banyak orang beanggapan bahwa membaca buku justru membuat otak terus bekerja dan menimbulkan stres, padahal manfaat membaca buku adalah mengurangi stres.

3. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Dengan membaca buku dapat mengisi kepala kita tentang berbagai macam informasi baru yang selama ini belum kita ketahui yang kemungkinan besar hal tersebut dapat berguna bagi kita nantinya. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup baik dimasa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.

Selain itu, ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat berharga yang tidak pernah dapat hilang meskipun kita kehilangan hal-hal lain didunia ini, seperti harta, benda, maupun yang lainnya. Cerita maupun ide-ide yang tertuang dalam sebuah buku yang kita baca dapat membantu untuk membuka jalan pikiran kita untuk lebih mengenal dunia lain, mendapatkan pemahama yang lebih dari sebelumnya.

4. Dapat Menambah Kosakata

Semakin banyak melakukan kegiatan membaca buku, maka akan semakin banyak kita mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal yang belum kita ketahui, serta dapat menambah jumlah kosakata yang bisa kita gunakan dalam kehidupan keseharian kita. Hal ini tentu saja dapat membantu bagi kita untuk dapat mengartikulasikan, membantu menyampaikan pendapat dengan bahasa yang lugas, serta dapat menambah rasa percaya diri pada saat berbicara dengan orang lain.

5. Dapat Meningkatkan Kualitas Memori

Dengan membaca buku dapat memberikan andil untuk meningkatkan kualitas otak kita dalam proses mengingat, berbagai macam hal yang telah kita baca. Misalnya saja karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, maupun berbagai macam unsur atau plot dari setiap alur cerita. Setiap memori dapat membantu untuk menempa jalur otak serta memperkuatnya. Selain itu juga dengan melakukan kegiatan membaca dapat menstabilkan suasana hati seseorang.

Dengan membaca buku dapat membantu latihan otak secara maksimal daripada hanya menonton televisi atau mendengarkan radio. Seorang presiden direktur dari riset Haskins Laboratories yang bernama Ken Pugh, PhD mengatakan bahwa kebiasaan membaca buku dapat memacu otak untuk berpikir dan berkonsentrasi.

6. Melatih Ketrampilan untuk Berfikir dan Menganalisa

Manfaat membaca buku dapat melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah yang tersaji dalam apa yang kita baca. Kita seperti mendapatkan akses atau jalan untuk dapat masuk ke dalam alur cerita dan membantu dalam penyelesaian cerita tersebut. Hal tersebut dapat membantu mengembangkan karakter kita di masa mendatang.

7. Dapat Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Pada saat membaca buku, kita dapat melatih otak untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada apa yang kita baca. Hal ini akan melatih kita untuk dapat juga lebih fokus dalam melakukan berbagai macam kegiatan atau rutinitas keseharian. (kim12/akz)

  • 14 Mei 2019
  • Dibaca: 116 Pengunjung

Artikel Lainnya

Cari Artikel