Standar Prosedur Pelayanan Masyarakat Desa Mengwi

  • 15 Mei 2019
  • Dibaca: 30 Pengunjung
Standar Prosedur Pelayanan  Masyarakat Desa Mengwi

Pelayanan publik oleh instansi Pemerintah kepada masyarakat merupakan fungsi aparatur sebagai abdi negara dan masyarakat. Oleh karenanya berbagai pelayanan publik harus mengikuti dengan prosedur yang berlaku,  sehingga sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Standar Prosedur yang dimiliki dalam pemerintahan desa digunakan  sebagai pedoman atau acuan bagi aparatur desa dalam melaksanakan tugas dan fungsi serta meningkatkan kinerja dan pelayanan kemasyarakatan . Selain itu, dalam pelaksanaanya juga memperhatikan indikator-indikator teknis sesuai dengan tata kerja prosedur. Di Desa Mengwi, standar prosedur juga memiliki fungsi membentuk sistem kerja dan aliran kerja yang teratur, sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan. Salah satunya adalah contoh bagaimana alur dalam mengurus perihal pengesahan surat-surat.

Untuk jenis surat- surat yang ditanda tangani oleh Perbekel dan Kelian Banjar Dinas, alurnya antara lain : masyarakat - Kelian Banjar Dinas - Masyarakat - Kaur Umum - Perbekel/Sekdes-Kantor Instansi Terkait-Masyarakat. Dari gambaran tersebut dapat dijelaskan, masyarakat memberikan surat kepada Kelian Banjar Dinas kemudian diserahkan kepada kaur umum, setelah itu kaur umum menyerahkan kepada Perbekel/Sekdes. Setelah selesai ditanda tangani Perbekel barulah diserahkan kepada instansi terkait, kemudian setelah selesaidi kembalikan kepada masyarakat berupa surat jadi.

Sedangkan untuk jenis surat-surat yang ditandatangani Perbekel Alurnya sebagai berikut : Masyarakat - Kaur Umum -Perbekel/Sekdes-Kaur Instansi terkait-Masyarakat. Dari alura tersebut dapat dijelaskan prosesnya bahwa, masyarakat menyerahkan surat yang akan ditandangai tersebut pertama kepada Kaur umum. Setelah itu Kaur umum menyampaikan surat tersebut kepada Perbekel, setelah itu melalui Kaur instansi terkait, surat tersebut dikembalikan kepada masyarakat yang bersangkutan. Perbekel Mengwi, I Ketut Umbara menyampaikan " Segala Jenis pelayanan Adimistrasi di kantor Desa Mengwi,  diusahakan selesai maksimal dalam 15 Menit".(kim12/akz)

  • 15 Mei 2019
  • Dibaca: 30 Pengunjung

Artikel Lainnya

Cari Artikel