Tak hanya taman mini, kini TBV (Taman Bali View) juga layani dekorasi pernikahan

  • 28 Mei 2019
  • Dibaca: 73 Pengunjung
Tak hanya taman mini, kini TBV (Taman Bali View) juga layani dekorasi pernikahan

Usaha landscape (tanaman hias) yang menyewakan taman mini selama ini menjadi produk UD. Taman Bali View (TBV) yang kurang lebih sudah berdiri sejak tahun 2016 silam. Usaha yang tergolong sedikit orang yang menggeluti di seputaran Desa Mengwi menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik UD. TBV I Putu Sumartana dari Banjar Batu Mengwi. "Dengan jarangnya yang menggeluti usaha khusus tanaman hias di Desa Mengwi, membuat usaha kami tidak memiliki saingan. Jadi kami bagi yang membutuhkan jasa kami, otomatis akan order," papar Sumartana.

Seiring berjalannya waktu, di tahun 2019 UD.TBV mencoba mencari peluang baru untuk berinovasi . Dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan, maka UD.TBV mulai merambah ke bisnis dekorasi. Sumartana mengatakan "Di awal tahun 2019 saya memberanikan diri untuk menawarkan jasa dekorasi. Desain dekorasi yang saya tawarkan, memiliki konsep yang berhubungan dengan tanaman. Jadi, dekorasi saya ramah lingkungan". "Pertama kali saya mendapat orderan dari salah satu teman di Bajra Tabanan. Pada saat itu, diminta membuat gayor untuk acara pernikahan. Dengan bantuan dari teman-teman yang dari satu banjar, kami mampu menyelesaikan projek perdana tersebut dengan hasil yang memuaskan menurut pemesan. Setelah itu dari mulut ke mulut, usaha saya lebih di kenal selain hanya menyediakan jasa ladscape juga melayani dekor Gayor sampai photo both", imbuh Sumartana.

Untuk harga dari dekorasi milik UD.TBV sangat bervariasi. "Untuk harga kami tidak bisa secara pasti kami patok, karena tergantung dari bentuk yang diinginkan kostumer, Dari pengalaman sebelumnya, harga termurah yang pernah layani 3,5 juta dan termalah 6 juta. Bisa juga, kurang ataupun lebih, sekali lagi tergantung dari keinginan kostumer", Papar Sumartana. Selama 3 tahun berjalan, graphik penjualan dari UD. TBV meningkat cukup segnifikan terutama di tahun 2018. Kostumerdidominasi dari pemerintah kemudian disusul dari masyarakat umum. Pada tahun 2016 total pendapatan UD.TBV 4,5 jt, 2017 : 32 Juta dan 2018 : 120 juta. (kim12/akz) UD.Taman Bali View, Banjar Batu Mengwi, No.Hp/wa. 089664407044 (Putu Marlon)

  • 28 Mei 2019
  • Dibaca: 73 Pengunjung

Artikel Lainnya

Cari Artikel