Peserta Lomba membuat jajanan laklak dari Desa Mengwi Pertama di nilai

  • 31 Mei 2019
  • Dibaca: 115 Pengunjung
Peserta Lomba membuat jajanan laklak dari Desa Mengwi Pertama di nilai

Lomba yang digelar dalam rangka PKB XLI tahun 2019 Kabupaten Badung dilaksanakan di jaba sisi Pura Lingga Bhuawana Puspem pada hari Jumat 31 Mei 2019. Desa Mengwi yang diwakilli oleh Ni Nyoman Ega Sanggita dan Ni Made Eka Pradnyawati, mendapat nomor urut pertama. Mereka juga sudah mempersiapkan diri dari pagi di Kantor Desa. Lomba dimulai pukul 14.30 wita, di awali dengan pengundian nomor urut.

Setelah pengumuman nomor urut, barulah peserta memulai membuat jajanan laklak. Saat ditanya tentang persiapannya, Ega Sanggita mengatakan "Kami sudah latihan berhari-hari untuk mempersiapkan hari ini. Semoga di berikan kelancaran dan tak ada halangan. Untuk peralatan mulai dari hiasan untuk sajian, bahan-bahan dan alat masak semua sudah lengkap". Langkah awal dimulai dengan menentukan komposisi bahan untuk membuat adonan. Dalam pengerjaannya Eka dan Ega membagi tugas agar tidak kekurangan waktu. Sesuai aturan, peserta diberikan waktu selama 90 menit.

Dalam pembuatan adonan Laklak Eka Pradnya menyampaikan bahwa " Saat menuangkan air hangat ke dalam harus campuran tepung kanji dan beras harus pelan-pelan sambil diulet menggunakan tangan yang sudah dicuci bersih. Itu tujuannya agar hasil jajan Laklaknya kenyal". "Untuk jajanan laklak yang kami buat ada 2 jenis. Pertama yang berisi original berwarna putih dan yang berwarna hijau berisi daun suji", imbuh Eka. Setelah adonan siap, kemudian hasilnya di tuangkan dalam cetakan Laklak. Setelah matang, Laklak disajikan dalam ingka dan dulang yang sudah di hias dari rumah.

Dalam ketentuan penyajian Ega Sanggita mengatakan bahwa laklak di bagi dalam 2 jenis penyajian. "Dalam penyajiannya, laklak diletakan dalam 3 piring kecil (ingka kecil) untuk juri. Kalau yang di atas dulang, jajanan laklak tersebut untuk display saja", kata Ega. Tepat pukul 16.00 wita, waktu di tutup tanpa ada lagi peserta yang bekerja. Pada saat penilaian, peserta dari Desa Mengwi mendapat giliran pertama. Pengumumannya juga dilaksanakam di hari yang sama. (kim12/akz)

  • 31 Mei 2019
  • Dibaca: 115 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita